SMA Lazuardi

2014-06-20

http://lazuardi-high.web.id

“….didiklah anak-anakmu untuk suatu zaman yang bukan zamanmu”.

Orangtua mana yang tak akan gundah apabila dihadapkan pada suatu persoalan yang menyangkut masa depan anaknya. Terutama pendidikan, merupakan  titik tolak anak untuk meraih segala impian di kemudian hari, namun apa daya jika dengan pendidikan pula anak menjadi merasa terbebani. Terbebani karena menumpuknya tugas- tugas, PR, suasana sekolah atau berbagai hal yang membuat anak menjadi lelah,mengeluh dan pada akhirnya  stres. Kecenderungan ini, jelas membuat khawatir orangtua akan kondisi anak yang demikian. Bukan hanya sedih akan kualitas pendidikan yang di peroleh anaknya kelak, melainkan juga berimbas pada komunikasi dengan orang tua di rumah yang terancam renggang.

Adalah SMA Lazuardi GIS ( Global Islamic School ) yang memiliki cara pandang sebaliknya, bahwa kurikulum sekolah tidak sepatutnya menjadi beban. Bagi  SMA Lazuardi ukuran prestasi juga tidak dapat ditentukan secara kaku dan tidak manusiawi melainkan masing-masing anak memiliki kecerdasan sendiri yang terlepas dari nilai akademis.

SMA Lazuardi  yang fun tapi tetap terdepan terbukti dari beberapa fakta sebagai berikut. Pertama lingkungan sekolah SMA Lazuardi dirancang nyaman, asri, bersih, sehat, dan sopan. Kedua, para penghuninya terlihat ramah, akrab, dan sopan. Ini tersirat dari hampir seluruh guru, karyawan, serta siswa-siswinya. Ketiga, SMA Lazuardi menerapkan sistim yang mengedepankan pengasahan kreatifitas, kemandirian, disiplin, dan akhlak.

Perpaduan dari kurikulum serta SDM yang handal telah membuat SMA Lazuardi terakreditasi dengan nilai tertinggi di kota Depok. Nilai Akreditasi yang diperoleh mampu meraih nilai amat baik. Kemudian ditambah pula oleh para lulusannya yang telah berhasil lolos di PTN terkemuka dan beberapa universitas di luar negeri seperti Malaysia, Jerman, Amerika dll.

Visi

Menjadi world class school yang dapat menjadi sumber inovasi dan kreatifitas dalam upaya perbaikan terus – menerus falsafah, prinsip, sistim, dan praktik pendidikan serta mendorong kea rah pemerataan pendidikan berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Misi

Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta mendorong tumbuhnya sekolah – sekolah yang berkualitas.

10 alasan utama mengapa orang tua perlu menyekolahkan anaknya di SMA Lazuardi GIS:

Lingkungan sekolah dirancang agar nyaman, selesa (spacious), asri, bersih, sehat, sopan, ramah, akrab dan demokratis.

Tersedia sarana yang cukup untuk menunjang proses pembelajaran, baik dalam hal ketersediaan berbagai lab – sains, bahasa, dan computer – ruang serba guna, alat peraga, sarana Teknologi Informasi, perpustakaan, lapangan olahraga, dan asrama.

Kurikulum di Lazuardi GIS dirancang dengan sepenuhnya mengacu kepada perpekstif yang benar mengenai tujuan pendidikan, yakni menyiapkan anak – anak kita agar menjadi manusia-manusia yang berhasil dan hidup sejahtera.

Sebagai sekolah islam, bukan saja pelajaran agama mendapat perhatian penting, pengajaran mata pelajaran ini dilakukan dengan mengacu kepada perbaikan kualitas budi pekerti ( akhlak) yang memang merupakan tujuan puncak pendidikan agama.

Guru ditempatkan sebagai fasilitator untuk mendukung perkembangan segala kemampuan dan kreatifitas siswa.

Guru-guru merupakan lulusan-lulusan terbaik dari berbagai perguruan tinggi terkemuka, UI, ITB, IPB, UGM, UNPAD, UIN yang terlatih, committed terhadap pekerjaannya, kreatif, penuh dedikasi, dan memiliki kasih sayang kepada anak didik.

Menerapkan pendekatan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) yang mengakui kepemilikan berbagai kecerdasan yang berbeda-beda dalam setiap siswa – siswi, untuk kemudian menggali dan mengembangkannya.

Kegiatan belajar sambil bergerak dan bekerja, serta praktik (hands on learning), mendapatkan penekanan penting. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar melibatkan ketiga gaya – belajar: auditori, visual, dan kinestetik ( berorientasi gerak )

Ruang belajar sama sekali tak dibatasi pada ruang kelas, melainkan juga seluruh lingkungan sekolah, baik yang dekat maupun yang jauh seperti ke sungai, perkebunan, industri, perpustakaan besar, kunjungan ke perguruan tinggi terkemuka dan sebagainya, mendapatkan perhatian khusus dan merupakan bagian penting dan terpisahkan dengan kurikulum sekolah

Memberi perhatian besar kepada Teknologi Informasi ( Information Technology, IT) dengan program pengajaran yang diperlukan siswa-siswi SMA, disamping pengadaan laboratorium computer yang lengkap dan up to date.