Tips Bergaul yang Baik

2014-09-20

Sebagai mahasiswa baru kamu memang dituntut untuk mempunyai teman sebanyak-banyaknya, hal tersebut akan berguna untuk pergaulan kamu sebagai seseorang yang baru dan untuk kehidupan kamu nantinya selama menjadi mahasiswa. Sebagai seseorang mahasiswa baru pastinya kamu akan canggung untuk pertama kalinya saat berkenalan, itu hal yang wajar, tetapi untuk kepertingan kamu juga nantinya, persiapkanlah diri kamu untuk bisa menerima teman baru dalam kehidupan kuliah kamu.

Walaupun silaturahmi dengan banyak teman adalah hal yang sangat baik, tetapi untuk mencari teman yang bisa dekat dengan kamu, ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan seperti tips berikut yang kami berikan di bawah ini

1. Memilih

Untuk mendapatkan teman dekat yang baik tidaklah mudah, untuk menjalin pertemanan biasa, kamu bisa berteman dengan semua orang, tetapi untuk menjadi seorang teman dekat atau sahabat, kamu harus bisa memilih. Kamu harus memperhatikan benar tingkah laku teman-temanmu, mengetahui latar belakang keluarganya, dan sifat dia sehari-hari. Jika kamu sudah bisa menilai dia dengan baik, maka kamu juga tidak akan segan untuk bercerita tentang masalah pribadi kamu bukan?.

2. Tidak melihat status sosial

Dalam mencari teman sebanyak-banyaknya,tidak hanya di kampus, hal yang pantang kamu lakukan adalah memilih teman berdasarkan status sosialnya karena selain itu akan menyusahkan dirimu, kamu juga mungkin tidak akan mempunyai banyak teman karena sifat kamu yang seperti ini. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak melihat seseorang dari status sosialnya, karena itu bukan menunujukkan siapa dia sebenarnya, dan bisa saja kamu nanti tertipu oleh semua yang kamu lihat dari status sosialnya.

3. Sadar Diri

Jika kamu ingin berteman dan disukai dengan teman-teman kamu, kamu harus pandai menempatkan diri ke dalam lingkungan teman-teman baru mu. Sebagai mahasiswa baru khususnya untuk yang mempunyai sifat pemalu, mungkin pada awalnya akan merasa kesulitan, tetapi kamu harus terus melawan rasa itu dan mencoba berbaur dengan yang lainnya, janganlah kamu memperlihatkan sikap yang kurang bagus untuk dilihat, kalau perlu kamu bisa mencontohkan mereka dengan sifat dan sikap baik yang kamu miliki.

4. Menjaga Rahasia

Jika kamu sudah mendapat teman dekat yang klop dengan kamu, kamu harus tetap memilih apa saja yang bisa di bagi cerita dengan dia, begitu pun dia, kamu harus menghargai keputusannya jika suatu saat kamu tidak diber tahu mengenai hal yang menurut dia rahasia. Pada intinya kamu bisa menjaga perasaan dan cerita yang pernah dia ceritakan, dengan begitu teman kamu pun akan melakukan hal yang sama untuk kamu.