Teknik Industri (TI)


Overview

Di ITB, Teknik Industri sering disebut program studi yang tidak jelas, kenapa? Pertama, karena apa yang dihasilkan tidak dengan mudah dapat dibayangkan oleh orang. Kedua, karena semuanya dipelajari. Di TI kamu akan belajar membubut dan mengelas bersama teman-teman dari Teknik Mesin, belajar membuat rangkaian elektronik yang merupakan bidangnya Teknik Elektro, bahkan membuat program dan basis data yang merupakan bidang kajian Teknik Informatika. Namun bukan berarti ilmu Teknik Industri tidak jelas, karena dalam teknik industri yang dipelajari adalah pengetahuan, pendekatan, pola pikir, prinsip-prinsip dan ketrampilan yang tetap berakar pada keilmuan teknik yaitu proses perancangan (design). Namun obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau yang lain, melainkan apa yang disebut sebagai sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi.

Condition

1. Kartu Peserta SNMPTN 2009 asli.
2. Print out Formulir Online Mahasiswa Baru (cetak final).
3. Ijazah/STTB asli dan 1 (satu) lembar fotokopinya.
4. Surat Tanda Kelulusan (STL/STK) asli yang mencantumkan nilai UN dan 1 (satu) lembar fotokopinya.
5. Bagi calon mahasiswa yang memiliki ijazah dari sekolah di luar negeri, wajib menyertakan surat keterangan kesetaraan dari DEPDIKNAS (asli dan 1 lembar fotokopi).
6. Akte kelahiran asli dan 1 (satu) lembar fotokopinya.
7. Pas foto terbaru (bukan polaroid/print digital) dari klise/file digital yang sama, ukuran 4 cm x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar, serta ukuran 2 cm x 3 cm sebanyak 1 (satu) lembar.
8. Bukti Transfer Biaya Pendidikan dan Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2009, bagi calon mahasiswa yang melunasi Biaya Pendidikan dan Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru dengan cara transfer.
9. Bukti Transfer Biaya Sumbangan Dana Pengembangan Akademik (SDPA), bagi calon mahasiswa yang pernah mengirimkan/menyerahkan Formulir Kesediaan Pembayaran SDPA.
10. Formulir Catatan Kesehatan asli yang telah diisi dan ditandatangani oleh dokter umum. Format Formulir Catatan Kesehatan dapat didownload di situs http://usm.itb.ac.id/.
11. Surat Pernyataan Ketentuan Pemilihan Program Studi asli yang telah diisi lengkap. Format Surat Pernyataan Ketentuan Pemilihan Program Studi dapat didownload di situs http://usm.itb.ac.id/.
12. Surat Penjanjian Mahasiswa Baru ITB, yang telah ditandatangani peserta di atas meterai Rp. 6000,-. Formulir Surat Penjanjian Mahasiswa Baru ITB dapat didownload di situs http://usm.itb.ac.id/.
13. Formulir Data Ekonomi dan dokumen-dokumen pendukungnya. Formulir Data Ekonomi dapat didownload di situs http://usm.itb.ac.id/.

Registration

Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SPMB): Ujian tulis
USM-daerah(PMBP-ITB): Ujian tulis
USM-Terpusat: Ujian tulis (PMBP-ITB)
Seleksi Kemitraan Nusantara(KN-ITB): Psikotes, tes bakat Skolastik, bahasa Inggris, Kemampuan matematika dasar, kemampuan MIPA
Seleksi Mahasiswa Internasional (Overseas Student)
Seleksi mahasiswa transfer: Tes psikologi, tes tulis, wawancara

Fee

Pendaftaran Rp 1.115.000.
Biaya Pendidikan Tetap Semester sebesar Rp 1.500.000.
Biaya Pendidikan SKS sebesar Rp 125.000,- per SKS

Studi Lainnya