Biologi


Overview

Pengembangan ilmu dasar dan teknologi dalam bidang biologi yang mendasari pengelolaan dan pengembangan biodiversitas dan lingkungan. Unggul dalam berbagai kajian biodiversitas organisme; bioteknologi yang menekankan pada isolasi gen dari bakteri, tanaman, dan hewan, serta pemanfaatannya; penelitian genetika dan pemuliaan tanaman; bioprospeksi dari aktinomisetes di bidang kesehatan, dan Rhizobia di bidang pertanian; serta teknologi produksi senyawa gaharu. Menyediakan berbagai produk: isolat dan bibit jamur pangan dan obat; sarana untuk penelitian mengenai jamur; jamur dan produk berbasis jamur; tanaman bermikoriza; produk-produk berbasis Mikoprotein; Bioremediasi lingkungan; preparat mikroskopis hewan dan tumbuhan; serta kultur jaringan tanaman. Dapat diakses berbagai pelatihan seperti Biologi dan Budidaya Jamur. Jurnal Biosains Hayati yang terakreditasi A telah diterbitkan oleh Departemen ini.

Condition

1. Lulusan SMU/SMK sederajat 2 tahun terakhir.
2. Biaya Pendaftaran Rp. 100.000,00 dibayarkan melalui Bank BTN pada rekening Rektor IPB c/q Penampungan SPP Program Diploma nomor 00015.01.30.000470.3.
3. Mengisi Formulir Pendaftaran.
4. Fotocopy Ijazah, Nilai UAN, Rapor kelas 1,2,3 dilegalisir.
5. Pas Foto 3x4 dan 2x3 masing-masing dua lembar.
6. Surat Keterangan Kelakukan Baik dari Kepolisian.
7. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter.
8. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter.
9. Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir.
10. Fotocopy Identitas Diri yang Sah.

Registration

1. Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI): Pendaftaran melalui sekolah masing-masing, seleksi melalui nilai raport(tanpa tes tulis).
2. Pendaftaran Langsung (Reguler): pendaftaran diloket pendaftaran, seleksi melalui tes tulis.

Fee

1. SPP : Rp 2.500.000,00/semester.
2. Biaya Non SPP untuk kegiatan Kemahasiswaan, Program Penyangga Kesehatan dan Penanggulangan Kecelakaan, Kartu Mahasiswa, Buku Panduan Program Diploma IPB, Jaket Almamater, dan lain-lain : Rp 650.000,00, dibayarkan satu kali hanya pada saat registrasi ulang.
3. Biaya pengembangan fasilitas sebesar Rp 3.000.000,00 (tiga juta rupiah), dibayar satu kali pada saat registrasi ulang.

Studi Lainnya